Ijazah PKBM juga diakui secara resmi oleh pemerintah, sehingga para peserta yang menyelesaikan plan pembelajaran di PKBM tidak perlu khawatir.
PKBM melibatkan masyarakat setempat dalam proses belajar mengajar dan pengambilan keputusan, sehingga membangun solidaritas sosial dalam masyarakat.
Peserta diajarkan tentang teknik menjahit dan membuat pakaian dari awal hingga selesai. Diharapkan, dengan mengikuti system ini, peserta menjadi ahli di bidang menjahit sehingga bisa membuka usaha sendiri atas dasar pelatihan ini.
Hal ini menunjukkan bahwa PKBM telah menjadi bagian yang penting dalam ekosistem pendidikan di Indonesia yang memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang beragam. PKBM setara dengan jembatan yang menghubungkan antara pendidikan official dan nonformal.
Memberikan pendidikan yang berkualitas secara formal dan nonformal untuk masyarakat yang belum atau tidak menyelesaikan jenjang pendidikan.
Sebagai pusat pengetahuan masyarakat, PKBM bertindak sebagai bank informasi yang menyimpan dan menyediakan informasi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. PKBM juga berperan dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan melalui pengkajian dan pengembangan metode belajar.
Meskipun tidak selalu diatur oleh kurikulum nasional seperti sekolah formal, PKBM tetap menawarkan software-software pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peserta.
PKBM merupakan salah satu pusat pembelajaran bagi masyarakat selain pendidikan formal seperti sekolah. PKBM juga dapat menjadi pusat kegiatan belajar karena di PKBM tidak mengenal batasan usia untuk terus belajar. PKBM sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat melalu program-application pendidikan nonformal.
Namun, pembelajaran di PKBM biasanya lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat dewasa yang sibuk dengan pekerjaan maupun keluarga. Para siswa dapat mengikuti pembelajaran secara paruh waktu atau bahkan bisa mengambil latihan darat di luar kelas.
Dalam mencapai tujuan PKBM, program ini menggunakan berbagai design pembelajaran dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
Expert/Pengajar menentukan metode dan strategi pembelajaran yang pas untuk peserta didik yang dipandu
Expert/Pengajar harus memantau perkembangan peserta original site didik dan memberikan feed-back yang konstruktif agar peserta didik dapat memperbaiki diri
PKBM lebih fokus pada hasil belajar siswa daripada pada jam belajar mereka. Hal ini berbeda dengan sekolah konvensional yang cenderung fokus pada kurikulum dan jam belajar.
Padahal, PKBM telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Oleh karena itu, mari kita lebih memahami apa itu PKBM dan mari berperan aktif dalam mendukung perkembangannya.